Bagai Mana Cara Melindungi Akun Facebook dari Hacker

Bagai Mana Cara Melindungin Akun Facebook dari Hacker

HASTAGIDN.WEB.ID – Banyaknya, yang membuat status di Facebooknya dan ini juga dialami oleh akun FB istri ane adanya upanya pembobolan akun FB. Itu nampak notifikasi yang masuk ke email bahwa ada upaya pengantian email dan nomer telpon.

Maraknya, pembobolan akun facebook oleh orang yang tidak bertanggung jawab “ya” mungkin setelah akun kalian berhasil diambil alih akan digunakan untuk menipu (Untuk apalagi coba). Ini pernah di alami akun fb istri yang di rentas digunakan untuk menipu, modusnya dengan menawarkan smartphone yang kekinian dengan harga murah akan diberikan setelah transfer sejumlah uang. Kalau ada, teman Facebook kalian yang posting demikan pastilah sangat tertarik, karena yang memposting akun yang kalian kenal. Karena takut ada korban, akhirnya akun tersebut dinonaktifkan permanen dengan meminta bantuan teman.

Lindungi akun Facebook dari Hacker?

Prinsibnya. Semua teknologi komunikasi tidak ada jaminan untuk keamanan. Seorang perentas atau hacker atau apalah namanya ia akan mencari cela bug/ tempat yang rentan untuk di jebol. Biar gak tambah bingungnya ibarat rumah. Jangan bilang rumah mewah yang sudah dipagar keliling baja, security yang standbay 24 jam, anjing herder yang siap mengogong ditambah pantauan 24 jam camera CCTV akan aman dari rampok dan maling. Pada kenyataannya, yang mungkin juga sudah kalian dengar atau tonton dari dimedia. Rumah yang keamannya seperti itu, bisa rampok atau dimaling. Karena ada cela yang memungkinkan itu semua terjadi.

Oke. biar kalian tambah “ngeh” tak kutip dari media online https://www.cnnindonesia.com/  Kelemahan ini ditemukan Prakash pada Februari 2016 dan disampaikan ke Facebook dibulan yang sama. Tak lama setelah laporan itu Facebook langsung menutup cela tersebut, Prakash pun diganjar US$ 15.000 atas temuannya itu.

Melihat kenyataan itu, tentu pihak facebook selalu upgrade sistem keamanannya. Nah, tentu kita sebagai penguna facebook yang numpang axis tidak usah kuatir atau jadi bimbang atas keamanannya. Tinggal kitanya, yang antisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips dan Trik Melindungi Akun Facebook


Menggunakan Email Aktif

Ini penting banget. Soale, semua aktivitas yang mencurigakan akan ada notifikasi yang masuk ke email kalian. Kalau itu terjadi, segera ada tindakan untuk mengamankan akun facebook kalian misal merubah password. Ini kasus yang dialami oleh akun istri ane. Semua aktivitas yang mencurigan dikirim email, nampaknya sudah masuk akun facebook soale sudah mengabungkan banyak grop facebook. Yang istri ane sendiri tidak merasa “klik” gabung ke grop-grop tersebut. Dan ada permintaan pengantian email. Alhamdulilah, masih bisa diaman dan terkendali.

Nah, kalau akun facebook kalian sudah sampai dijebol. Perentas bisa mengganti Nomer telpon tetapi tidak bisa dengan email. Ini terbukti, masih pada dikasus diakun istri ane yang waktu itu berhasil dimasuki oleh perentas. Sebenarnya masih dibisa diambil alih, tetapi karena password email lupa akhirnya “mentok”.  Ada teman yang cerita akunnya di hack, masih bisa diambil alih berkat email yang masih aktif (Maksud email aktif. Email sering digunakan sehingga masih ingat nama email dan passwordnya).

Rutin Rubah Password

Tips ini yang sering dilalaikan oleh pengguna facebook. Setidaknya, merubah password bisa dilakukan misal dalam satu tahun tiga kali saja. Untuk penggunaan password agar lebih aman bisa menggabungkan karakter. Karakter adalah huruf, tanda baca, seperti titik,koma ,tanda seru ,tanda tanya, tanda kutip, spasi, dan angka. Misal : LEptop!@#$%2020. Rumit “Ya” memang rupit demi keamanan. Dari pada akun kalian di kendalikan oleh orang lain, lebih rumit lagi. Mungkin di buat catatan misal dibuku atau bisa kalian catatan di smartphone kalian.

Mengapa password harus benar-benar strong? Untuk login biasanya menggunakan email atau Telepon. Tetapi, bisa juga login dengan tidak menggunakan email atau nomer telpon. Tetapi mengunakan UID facebook yang biasa terlatak diujung domain facebook contoh https://web.facebook.com/splinggau UIDnya “splinggau” atau bisa berbentuk seperti ini https://web.facebook.com/profile.php?id=100010086999107  ini UIDnya “100010086999107”.


Jadi kalau password kalian mudah ditebak misal dengan password seperti ini “12qwaszx”. Aduh, mudah sekali ditebak ditambah tools-tools yang bisa nembak password kalian dengan mudahnya.
Masuk Akun Facebook Mengunakan UID

Jangan Sembarang Buka Akun Facebook

Maksudnya. Jadi, kalau kalian sering main internet diwarnet hati-hati apalagi kalian baru sekali kewarnet tersebut siapa tau ada yang iseng pasang semacam Keylogger (Akan merekam semua aktifitas pengetikan keyboad, dan lainya). Dan jangan kalian klik link sembarangan siapa tau itu phising (Sebuah website untuk mengelabui penguna. Untuk mendapatkan informasi berupa username dan password) untuk phising ini biasanya dipasang bisa dimana saja. Misal dikirim keemail kalian atau tautan atau link yang dikirim sesorang melalui inbok atau yang lainnya.

Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Pamungkas dari Tips dan trik dipembahasan Melindungin akun facebook dari Hacker. Jadi, Autentikasi dua faktor semacam kunci ganda yang dipasang di motor kalian bertujuan agar lebih aman. Bisa saja maling, menjebol stok kontak dengan kunci T. Tetapi belum tentu bisa membongkar gembok yang kalian pasang di rantai atau cakram motor kalian.

Bisa saja hacker menembus username dan password yang sudah kalian buat. Tetapi, belum tentu bisa lanjut untuk lanjut login karena harus memasukan kode OTP (One-Time Password) semacam kode verifikasi yang berjumlah 6 digit berupa angka unik yang dikirimkan via SMS atau e-mail yang sudah kalian daftarkan.

Bagai mana tertarik buat untuk aktifkan Autentikasi dua faktor? Yang harus kalian persiapkan adalah nomer telpon yang aktif (yang sering kalian gunakan). Perhatikan, dalam gambar kami mengunakan smartphone dan bukan menggunakn facebook lite namun kurang lebih sama dengan menggunakan leptop/pc Facebook yang kalian buka dibrowsing (Chomer/Mozila) yang kalian miliki. Dan juga perhatikan keterangan dibawahnya :
Aktifkan Autentikasi Dua Faktor
Keterangan Gambar, cara Aktifkan Autentikasi Dua Faktor :
  1. Klik garis tiga diakun Facebook kalian. Kalau tidak sama, update facebook yang kalian miliki.
  2. Pilih icon gembok "Pintasan Privasi".
  3. Cari dan silahkan Pilih icon Smartphone "Gunakan Autentikasi dua-faktor"
  4. Silahkan Pilih "Pesan Teks (SMS)" dan klik "Gunakan Pesan Teks (SMS)". Maksudnya setiap kalian login ada kode OTP yang dikirim via sms ke nomer telpon kalian.
  5. Masukan Nomer Telpon yang aktif (Yang kalian gunakan).
  6. Kode OTP yang dikirim ke Nomer Telpon kalian. Silahkan masukkan
  7. Aktivasi Autentikasi Dua-Faktor selesai. Jika mau menonaktifkan silahkan "klik"
  8. Jika ada yang ingin login keakun Facebook kalian akan tampil demikian. Jika yang login itu kalian tekan saja "YA". Namun jika bukan Tekan "TIDAK".
  9. Dengan menekan "TIDAK" kalian akan diminta untuk ubah sandi.

Nah, itu saja bagai mana melindungi Akun Facebook dari Hacker. Mudah-mudah bermanfaat kalau ada kurang paham atau ingi menambah yang kurang pas bisa tulis dikolom komentar. Salam Semangat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagai Mana Cara Melindungi Akun Facebook dari Hacker"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel