Cara Membuat Schedule Meeting di Zoom (Lengkap dengan gambar)

Cara Membuat Schedule Meeting di Zoom HASTAGIDN.WEB.ID – Kali ini hastagidn.web.id akan menguliti fitur yang tersedia di Aplikasi Komunikasi Zoom yakni Schedule Meeting. Ya, ini salah satu fitur unggulan di Zoom yang mampu mempermudah dalam pertemuan –rapat- dengan rekan kerja atau teman-teman komunitas bahkan bisa juga untuk belajar secara online. Dan bisa juga digunakan untuk memfasilitasi kajian Islam –online-.
Untuk kalian yang belum tau apa itu zoom bisa baca terlebih dahulu di artikel Mudah membuat Akun Zoom Solusi Pertemuan Masa Kini. Soale, ditulisan tersebut di jelaskan secara detail dan lengkap membahas zoom dan termasuk cara membuat akun di zoom.

Bagai mana? Sudah tergambarnya, dengan aplikasi komunikasi zoom. Nah, untuk kalian yang yang belum paham bagai mana cara download aplikasi zoom atau Apk Zoom. Untuk itu, akan sekilas mengulas bagai caranya downloadnya. Karena yang terpenting untuk menggunakan zoom harus terinstal aplikasinya.

Cara Download Zoom Meeting


Untuk kalian yang baru mau mendownload Zoom Meeting bisa kalian klik link ini https://zoom.us/download link tersebut, dibuka menggunakan browsing (mozila/Chrome) di leptop pc/kalian bisa langsung diarahkan ke link download silahkan pilih “Zoom Client for Meetings” untuk di instal leptop/pc kalian. Cara menginstalnya, kurang lebih sama dengan aplikasi pada umumnya.

Mendownload Zoom Meeting Dengan Leptop

Tetapi, jika kalian membukanya dengan smartphone memlalui browsing (mozila/Chrome) akan diarahkan ke area download zoom yang terdapat dua pilihan. Jika kalian memilih “Download from Google Play” kalian akan diarahkan ke Playstore jadi kalian bisa langsung download dan menginstal secara otomatis. Tetapi, jika kalian pilih “Download From Zoom” kalian akan mendownload Apk Zoom dan instal secara manual.

Mendownload Zoom Meeting Dengan Smartphone

Cara Join Meeting di Zoom


Cara ini untuk kalian yang mendapatkan undangan akses join melalui link join atau diberikan ID Meeting dan Password tidak perlu harus mempunyai akun di zoom, kalian bisa langsung bergabung. Dalam prakteknya, cara akses join ini menggunakan smartphone dan juga menggunakan leptop/pc karena ada perbedaan dalam mengaksesnya. Nah, untuk itu kalian yang belum tau bagai mana caranya silahkan perhatikan gambar dan keterangan dibawahnya :

Langkah Join Zoom Meeting Menggunkan Leptop/PC


Cara Join Zoom Meeting Menggunkan Leptop/PC
  1. Silahkan klik undangan link akses Join yang kalian dapatkan.
  2. Setelah kalian klik akan diarahkan browsing (Mozila/Chrome) membuka link zoom dan otomatis ketab baru “Lauch Application”. Silahkan pilih “Open link”.
  3. Selanjutnya kalian akan kembali ke aplikasi zoom yang kalian instal di leptop/pc. Silahkan beri nama sesuka hati kalian.
  4. Lanjut dengan memilih “Join Meeting”.
  5. Klik Join with Video dan Selesai.

Langkah Join Zoom Meeting Menggunkan Smartphone

Cara Join Zoom Meeting Menggunkan Smarphone
  1. Silahkan klik undangan link akses Join yang kalian dapatkan.
  2. Kemudia kalian akan langsung di arahkan ke Apk Zoom yang sudah terinstal di Smartphone kalian.
  3. Beri nama sesuka hati kalian dan Klik OK
  4. Klik “Call Via Device Audio” nanti akan berubah menjadi icon microfon biar suara kalian bisa masuk. Catatan : Bila icon microfon centang merah berati tidak aktif “mute/bisu” tetapi jika sudah aktif tidak ada cetang merah lagi.
  5. Icon video suting. Bertanda belum aktif, bisa kalian aktifkan dengan menekan sekali saja yang nantinya akan tampil gambar kalian yang ganteng.
  6. Terakhir, kalau kalian ingin izin keluar dari join meeting zoom bisa klik “Leave”.

Langkah Join Zoom Meeting Melalui ID Meeting


Cara Join Zoom Meeting Menggunkan Melalui ID Meeting
  1. Silahkan buka aplikasi zoom di Leptop/pc atau dismartphone kalian. Setelah terbuka, Silahkan Klik “Join a Meeting”.
  2. Perhatikan ada tulisan samar “Meeting ID”. Silahkan masukan Meeting ID yang kalian dapatkan, dan lanjut klik Join Meeting. Jika kalian diminta, memasukan password silahkan masukan saja. Dan lanjut, ikuti intruksi kurang lebih sama pengaturannya dengan melalui undangan keakses link join pada leptop/pc atau di Smartphone kalian.

Membuat Schedule Meeting di Zoom


Cara membuat Schedule Meeting di Zoom untuk mengundang rekan-rekan kerja untuk rapat atau teman-teman komunitas untuk kordinasi atau buat kalian guru yang ingin belajar dengan langsung bertatap muka secara online atau kalian yang ingin membuat kajian islam secara online.Oya, kalian sudah punya akun di zoomnya?

Dalam praktek ini, menggunakan leptop. Buat kalian yang mempraktekkannya menggunakan Smartphone kurang lebih sama, silahkan perhatikan gambar dan keterangan dibawahnya.

Cara Membuat Schedule Meeting di Zoom
  1. Setelah kalian berhasil Sign In. Silahkan pilih "Schedule"
  2. Tampilan baru berupa pengaturan Schedule Meeting. Silahkan isikan :
    - Topic isikan Nama Pertemuan yang ingin dibuat.
    - Duration bisa kalian pilih untuk berapa hari dan menitnya bisa kalian pilih maksimal 45 menit (kalau kalian menggunakan mode gratis kalau yang berbayar tidak ada batasan waktu)
    - Star diisi dengan hari, tanggal dan waktu yang akan dibuat
    - Untuk Time Zone Silah pilih Jakarta atau tidak dirubah tidak masalah.
  3. Meeting ID bisa kalian ceklist di Personal Meeting yang sudah ada ID atau Pilih Generate Automatity. Keduanya bisa kalian gunakan untuk dipilih.
  4. Password bisa kalian gunakan dengan membiarkan cek list. Tetapi jika tidak bisa hilangkan ceklistnya. Ini mempunyai fungsi jika kalian menggunakan password ada pembatasan akses tapi tidak di ceklist orang yang diundang langsung bisa join.
  5. Video. Silahkan ceklist host dan Perticipation kenapa? Agar kalian yang jadi admin bisa mengontrol peserta pertemuan. Mematikan microfonnya atau mengeluarkan peserta.
  6. Silahkan Advanced Options.
  7. Masih di Tap Advanced Options silahkan ceklist Enable join dan Mute participants yang gunanya keketika orang masuk untuk join microfonnya tidak langsung aktif. Takutnya ada yang nyusul dipertemuan menganggu dengan suara-suaranya.
  8. Kalau sudah selesai silahkan klik Schedule.
  9. Selanjutnya kalian diarahkan ke Microsoft Outlok di Allowkan saja.
  10. Di Microsoft Outlok silahkan copy link dibawah tulisan Join Zoom Meeting dan dibagikan. Kalau sudah, silahkan Close Microsoft Outloknya.
  11. Untuk melihat hasil dari pembuatan Schedule Meeting. Bisa kalian Klik tap menu Meeting di halaman utama aplikasi zoom.
  12. Bila kalian ingin memulai atau ingin masuk ke join zoom bisa klik star.
  13. Silahkan klik Show Meeting Invitation. Ada tampilan sama dengan link akses join yang bisa kalian bagikan. Maksud jika kalian ingin membagikan akses join lagi karena di Microsoft Outlok sudah kalian close.
Bagai mana mengertinya? Mudah-mudah bisa dimengerti. Kalau ada yang kurang jelas atau barangkali ada tambahan bisa kalian tuliskan dikolom komentar....Salam Semangat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Schedule Meeting di Zoom (Lengkap dengan gambar)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel