Cara Membuat Tulisan Arab di Microsoft Word (Photoshop, Indesain dan Illustrator)

HASTAGIDN.WEB.ID – Cara Membuat Tulisan Arab yang menjadi pembahasan hastagidn.web.id akan mempergunakan dua cara. Mudah-mudahan bisa membantu, untuk kalian yang merasa kerepotan atau malas ketika akan menulis tulisan Arab dalam Alqura’an, hadist dan bahasa Arab lainya. Di penerapannya menulis arab di Software Microsoft Word, Adobe Photoshop, Adobe Indesain, dan Adobe Illustrator.


Cara Menulis Arab dengan Keyboad Arabic


Dengan merubah keyboad Arabic, maka akan mendukung tulisan arab. Namun kalian perlu untuk membiasakan menulis dikeyboad Arabic. Karena, berbeda. Jadi misal kalian menginginkan huruf hijaiyah “Alif” ketika kalian ketikan dikeyboad “A” yang tampil bukan “Alif” seperti yang kalian inginkan.
Back to Content
Untuk itu, silahkan ketikan satu persatu dikeyboad mencari huruf-huruf hijaiyahnya. Kemudian, untuk mempermudah mengingatnya, bisa kalian menempelnya dengan kertas pada keyboad yang sudah kalian tulis dengan huruf-huruf hijaiyah. Bisa, membuat sendiri atau membeli huruf-huruf hijaiyah yang tinggal tempel di keyboad kalian.

Setting Keyboad Arabic


  • Buka Control Panel
  • Silahkan cari di “Clock, Language, and Regional” dibawah tulisan tersebut “Klik Change Keyboards...”
  • Akan diarahkan ketampilan Baru Region and Language di Tab “Change Keyboards and Languages”
  • Klik “Change keyboards...”
  • Akan diarahkan ketampilan Baru lagi Text Services and Input....di Tab “General” Silahkan Klik “Add...”
  • Klik ditanda (+) di Arabic (Saudi Arabia) dan klik ditanda (+) di “Keyboad” (ceklist) Arabic (101) selanjutnya Klik ditanda (+) Other (ceklist) “Ink Correctin” Klik “OK”
  • Terakhir Klik “OK”

Setting Keyboad Arabic

Cara Mengaktifkan Keyboad Arabic

Perhatikan gambar “Taskbar Windows” sebelah kanan Leptop/PC kalian. Silahkan klik di  Show the Language Bar (Biasanya ada tulisan IN atau EN) dan Pilih AR “Arabic (Saudi Arabia)”.

Silahkan tuliskan di Ms.Word atau dimana saja. Sudah mendukung Keyboad Arab. Untuk kembali keyboards Normal dengan cara yang sama (Pilih Keyboad IN (Indonesia) atau EN (English).

Cara Mengaktifkan Keyboad Arabic

Cara Menulis Arab dengan Aplikasi Arabic Pad

Cara Membuat Tulisan Arab yang menjadi cara kedua ini. Menggunakan aplikasi GRATISAN bernama Arabic pad ukurannya sangat kecil hanya 42 Kb yang tidak perlu di Instal di Leptop/PC kalian karena bersifat portable. Aplikasi ini seperti disebut-sebut dari beberapa sumber di kembangkan dan diperkenalkan oleh Ebta Setiwan dari ebsoft.web.id.

Nah, kemudahan yang ditawarkan di aplikasi Arabic Pad adalah ketika kalian menginginkan huruf hijaiyah “Alif” tinggal ketik dikeyboad huruf “A” dan ketika menginginkan huruf hijaiyah “BA” tinggal ketik dikeyboad huruf “B” dan seterusnya. Bagai mana? “MASOK PAK EKO”

Langsung download disini

Cara Menggunakan Arabic Pad


Setelah kalian selesai download dan buka menggunakan aplikasi Winrar didalamnya terdapat Arabic Pad.exe dan terdapat Gambar Panduan Arabic Pad.jpg. Silahkan buka Arabic pad.exe. Perhatikan Gambar dan keterangan dibawah ini :

Cara Menggunakan Arabic Pad

  1. Jika tulisan arabnya tidak bersambung bisa kalian pisah dengan “spasi” dalam contoh huruf hijaiyah “mim” dan “alif” terpisah.
  2. Untuk memberi tanda baca atau harokat posisikan kusor (tanda garis hitam berkedip) didepan huruf hijaiyahnya misal dalam contoh “BA” maka didepannya.
    Untuk memberikan harokat/tanda baca silahkan ikuti panduannya yang disertakan.
Di Aplikasi Arabic Pad hanya bisa “UNDO” atau kembali keawal hanya satu kali. Untuk menghapusnya kalian lakukan seperti biasanya di MS. Word.

Cara Memasukan tulisan Arab di Microsoft Word


Nah, buat kalian yang menginginkan hasil tulisan arab yang dibuat di Arabic Pad pindah ke MS. Word ada tiga cara yang bisa kalian lakukan
  1. Setelah selesai menulis arabnya.  Silahkan copy  tulisan arabnya di Arabic Pad dan pastekan di MS. Word. Agar telihat rapi ganti font “Arial/ Times New Roman” dan rata kiri.
  2. Namun, jika tidak bisa silahkan copy tulisan arabnya di Arabic Pad dan pastekan di Google Translate terlebih dahulu. Selanjutnya, copy yang ada diterjemah (Indonesia) dan baru di pastekan pada MS. Word. Terkahir, agar telihat rapi ganti font “Arial/ Times New Roman” dan rata kiri.

    Cara Menggunakan Arabic Pad

  3. Selanjutnya, kalian simpan dengan cara Pilih File Save dan Beri Nama filenya yang ditambah “.doc" Misal : Arab.doc. dan cara membukanya sama dengan membuka file lainnya klik dua kali dan langsung klik “OK” tampil tulisan arab yang kalian buat tadi terakhir silah “Block” seluruh tulisan ganti font “Arial/ Times New Roman” dan rata kiri.
    Cara Menggunakan Arabic Pad
    Setelah selesai. Simpan dengan Format "doc" misal : Arab.doc
Cara Menggunakan Arabic Pad
Tampilan awal ketika dibuka hasil simpanan "arab.doc"

Cara Membuat tulisan Arab di Adobe Photoshop


Dalam praktek ini menggunakan Adobe Photoshop CC 14 Portable. Buka Photoshop kalian dan atur seperti ini :
  • Silahkan pilih “Edit” di Menu Bar
  • Cari “Prefences”
  • Klik “General”
  • Buka Tap “Type”

Bisa juga dengan Shortcut di Keyboad (CTRL+K) untuk membuka "PREFENCES". Kemudian, cari tulisan dan ceklist “Middle Eastern....” langkah terakhir tutup Adobe Photoshop dan buka kembali.

Cara Membuat tulisan Arab di Adobe Photoshop

Langkah selanjutnya yang kalian lakukan Membuat tulisan Arab di Adobe Photoshop copy-paste (copas) seperti pembahasan diatas kalian buat tulis Arabnya di Aplikasi Arabic Pad atau  Ms. Word atau bisa juga kalian cari di Internet penyedia ayat-ayat al-qua'an yang bisa kalian pakai. Terakhir, untuk menampilkan tulisan arabnya rubah jenis font “Traditional Arabic”

Cara Membuat tulisan Arab di Adobe Photoshop


Cara Membuat tulisan Arab di Adobe Indesain


Adobe Indesain CC 17 Portable yang digunakan dalam praktek ini (Pengalaman hanya. Bisa di Adobe Indesain 2006 keatas). Silahkan, buka Adobe Indesain kalian dan perhatikan gambar dan keterangan dibawahnya.

Cara Membuat tulisan Arab di Adobe Indesain

  1. Silahkan Copy-paste (copas) tulisan arabnya cara-cara sama dengan diatas di Adobe Indesain. Hasilnya tidak ada tulisan arab tapi kota-kotak.
  2. Blog atau seleksi seluruh tulisan yang sudah kalian copas di Adobe Indesain tersebut.
  3. Setelah kalian Blog atau seleksi perhatikan garis-garis disamping kiri atas dibawah tombol Close. Silahkan Klik (Detailnya Bisa lihat gambar diatas)
  4. Selanjutnya, pilih “Adobe World-Ready....”
  5. Terakhir rubah jenis font “Traditional Arabic”
  6. Selesai

Cara Membuat tulisan Arab di Adobe Illustrator


Buka Adobe Illustrator kalian dan atur seperti ini :
  • Silahkan pilih “Edit” di Menu Bar
  • Pilih “Prefences”
  • Klik “General”
  • Buka Tap “Type”
  • Cari dan ceklist “Show Indic Options”

Bisa juga dengan Shortcut di Keyboad (CTRL+K) untuk membuka "PREFENCES". Terakhir tutup Adobe Illustrator dan buka kembali.

Cara Membuat tulisan Arab di Adobe Ilustrator

Cara Membuat Tulisan Arab bagai mana cukup jelasnya "semoga saja bermanfaat". Kalau, belum jelas atau ada tulisan yang perlu ditambah, silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar. Salam Semangat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Tulisan Arab di Microsoft Word (Photoshop, Indesain dan Illustrator)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel