Download Aplikasi Zakat Fitrah Gratis

Aplikasi Zakat Fitrah Gratis

HASTAGIDN.WEB.ID  -  Aplikasi Zakat Fitrah ini dibuat untuk mempermudah panitia penerima Zakat Fitrah. Semoga, panitia  Zakat Fitrah terbantu dalam menginput data Muzakki atau orang yang mengeluarkan Zakat Fitrah dengan mudah sekaligus merekapitulasi jumlah total baik beras (Kg) ataupun uang secara otomatis. Dan juga, sudah di fasilitasi untuk pembagian zakat fitrah kepada para Mustahiq atau orang yang berhak menerima Zakat.


Dalam pengembangan Aplikasi Zakat Fitrah  ini  menggunakan Microsoft Visual Basic for Applications (VBA) yang merupakan turunan dari Bahasa Pemograman Visual Basic karena scrip-scripnya boleh dibilang sama. Yang membedakan. Microsoft Visual Basic for Applications (VBA) menginduk aplikasi pengolah berupa data dan angka yang sangat kita kenal yaitu Microsoft Excel yang dibudle sepaket dengan Instalasi Microsoft Office.

Download Aplikasi Zakat Fitrah

Tentu, menjadi syarat mutlak untuk menjalankan aplikasi tersebut. Di Leptop/PC kalian terinstal Microsoft Office (saran Ms Office 2010 keatas) ukuran sangat kecil hanya 2,57 Mb.  Berikut, aplikasinya yang dapat kalian download.

Download Via Google Driver

Setelah kalian berhasil Download. Silahkan dibuka seperti membuka file lainnya, aplikasi ini bersifat portable setelah terbuka kalian akan disambut dengan tampilan awal yang seperti gambar diatas.

Cara Menggunakan Aplikasi Zakat Fitrah

Aplikasi ini dibuat bertujuan untuk mempermudah. Maka, menu-menunya diatur sedemikian rupa agar mudah untuk dioperasikan oleh semua kalangan.

1. Menu Penerimaan Zakat

Aplikasi Zakat Fitrah Gratis

Dengan memilih tombol tersebut. Akan diarahkan kehalaman untuk menginput data Muzakki atau orang yang mengeluarkan Zakat Fitrah seperti RT/RW, Nama Muzakki, Jenis Zakat, Jumlah Keluarga Dll.

Cara kerjanya, ketika kalian memilih RT/RW maka nama-nama muzakki di wilayah tersebut akan muncul secara otomatis yang sebelumnya sudah ditambahkan dengan memilih “Tambah” seperti gambar.

Aplikasi Zakat Fitrah Gratis

Namun, bisa juga dengan cara manual yakni memasukan RT/RW dan nama muzakkinya.
Di halaman ini juga ditampil rician detail rekapitulasi penerimaan zakat fitrah dari penerimaan zakat berupa uang ataupun beras serta ditampilkan jumlah global pembayaran zakat dari muzakki serta jumlah penerimaan infaq atau sedakah dari para dermawan yang sudah terhitung secara otomatis.

Fungsi Tombol Halaman  Penerimaan Zakat

  • Simpan
  • Setelah sudah terisi dan dipastikan benar maka silahkan simpan untuk memasukan data pembayaran zakat kedatabase.
  • Rubah
  • Jika, terlanjur tersimpan, pada hal datanya ada yang salah atau kurang tepat. "TENANG" dengan tombol ini kalian bisa merubah datanya dengan cara klik data dilistbox yang ingin kalian rubah. Jika datanya sudah terlalu banyak bisa gunakan fasilitas “Cari Nama”.

    Di halaman rubah. Terdapat tombol HAPUS yang bisa kalian gunakan untuk menghapus data yang kalian inginkan dengan cara yang sama seperti ingin merubah data.
  • Lihat
  • Tombol tersebut mempunyai fungsi untuk melihat database yang sudah diinputkan.

2. Menu Pembagian Zakat


Aplikasi Zakat Fitrah Gratis

Untuk mempermudah dalam pembagian Zakat Fitrah pada Mustahik. Maka, Aplikasi Zakat Fitrah ini sudah dilengkapi. Nah, setelah kalian menekan tombol menu pambagian zakat maka akan diarahkan kehalaman yang berupa form pengisian data Mustahik seperti RT/RW, Nama Mustahik, golonag dll.

Cara pengisian atau penginputannya kurang lebih sama di halaman Penerimaan Zakat Fitrah. Termasuk dengan beberapa fungsi tombolnya dihalaman tersebut.

3. Menu Atur Zakat

Tombol terakhir yakni Menu Atur Zakat pada Aplikasi Zakat Fitrah digunakan untuk menentukan jenis zakat serta nilainya. Seperti yang menjadi kesepakatan untuk di Indonesia Zakat Fitrah Berupa Beras dengan Nilai 2,5 Kg dan diperbolehkan Zakat dengan  menggunakan uang mengikuti harga beras perkilo kemungkinan bisa berubah-ubah setiap daerah. Misal harga beras Rp.9.000,-/Kg menjadi Rp.22.500,- atau sesuai dengan keputusan panitia zakat fitrah seperti apa teknisnya.

Demikian penjelasan penggunaan Aplikasi Zakat Fitrah ini mudah-mudahan bisa mengerti. Namun, untuk yang kurang paham atau ingin memberikan sumbangan kritik dan saran pada Aplikasinya ini di persilahkan tulis dikolom komentar.

Semoga bermanfaat....Salam Hangat
Penjelasan Versi Video :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Download Aplikasi Zakat Fitrah Gratis"

  1. Jazakumullah Akhi
    Semoga menjadi amal jariyah dan menjadi pahala yang berlipat ganda
    aamiin..

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel