Trik Desain dengan Photoshop Agar Hasil Cetaknya Bagus

Desain dengan Photoshop Agar Hasil Cetaknya Bagus

 HASTAGIDN.WEB.ID – Di kesempatan yang baik ini akan berbagi Trik Desain dengan Photoshop Agar Hasil Cetaknya Bagus. Dalam pembahasannya, lebih menekankan desain menggunakan Aplikasi Adobe Photoshop yang bertujuan untuk keperluan cetak menggunakan mesin Offset atau Mesin Digital printing, karena mesin-mesin tersebut sistem cetaknya sangat berbeda dengan diprinter. Nah, tentu ini menjadi hal yang menarik untuk dipahami buat kalian yang baru masuk di dunia percetakan.

Kenapa menarik? Karena jika ada kesalahan pengaturan di awal pada desain dengan Adobe Photoshop. Maka hasil cetaknya kurang maksimal, baik di cetak oleh Mesin Offset maupun di cetak oleh mesin Digital Printing. Dan ini secara pribadi pernah dialami oleh penulis yang kurang memahami cara pengaturan untuk desain di pengelola gambar di Adobe Photoshop. Baru, setelah masuk berkerja di Percetakan pada tahun 2012-an baru tahu mengenai pengaturan diawal untuk memulai desain dengan Adobe Photoshop. Sampai saat inipun masih mengunakan cara-cara tersebut.

Trik Desain dengan Photoshop Agar Hasil Cetaknya Bagus ini merupakan teknik yang umum digunakan oleh tukan setting (Istilah orang dibagian desain di Percetakan). Silahkan buka Adobe Photoshop kalian dan buka lembar kerja baru seperti biasa dengan cara  File>New atau dengan cara tekan di keyboad CTRL + N . Perhatikan Tampil gambar keterangan dibawahnya ini :

Membuat Ukuran Spanduk di Adobe Photoshop

1. Membuat Ukuran Spanduk di Adobe Photoshop

Mengenai ukuran ini banyak yang masih bingung apakah menggunakan ukuran asli (misal diminta membuat spanduk dengan ukuranya 300x100 cm) atau ada ukuran lain di Adobe Photoshop. Pengalaman pribadi, untuk desain spanduk perlu dilihat space Leptop/PC nya. Kenapa demikian? Bila space leptop/pc kalian tinggi bisa saja buat ukuran asli seperti contoh tersebut.

Namun, untuk kalian yang mempunyai leptop/pc space rendah “Tips Khusus di : Resolusi Untuk Spanduk di Adobe Photoshop. Karena Aplikasi Adobe Photoshop akan banyak memakai RAM Leptop/PC kalian. Ketika, kalian paksakan membuat ukuran aslinya seperti contoh diatas, biasanya yang terjadi leptop akan “Ngelaik” yang berakhir “Ngembleng” capek-capek ngedesain hilang semua. Capekk dechhh-.

Tetapi, kalau kalian mendesain seperti undangan, brosur atau yang ukuran-ukuran yang masih standar (Misal ukuran A4, HVS atau A3+) tidaklah bermasalah.

2. Mode Warna Pada Adobe Photoshop

Ini hal yang paling penting dalam pemilihan di Color Mode memakai komponen RGB atau CMYK. Karena untuk kepentingan cetak maka memilih CMYK kenapa kok tidak menggunakan RGB? RGB lebih cocok untuk kevisual digital bukan untuk di cetak seperti kalian gunakan untuk promosi di media sosial, pasang gambar di website atau untuk gambar video  karena warna dari RGB yang dihasilkan lebih terang dan jelas.

Mode Warna Pada Adobe Photoshop

Bila kalian masih “Ngotot” ingin pilihan warnanya RGB karena lebih terang “YA” percuma karena Mesin cetak Offset maupun Mesin cetak Printing hanya mendukung mode CMYK. Dan ketika desain yang bermode RGB dirubah menjadi CMYK, maka warnanya nampak berubah lebih redup (Perhatikan gambar diatas).

Cara Aktifikn Channel di Photoshop

  1. Perhatikan gambar diatas. Setelah kalian sudah selesai desain yang kalian lakukan adalah pengecekan warnanya sudah maksimal atau belum dengan menggunakan “Channel”.
  2. Kemudian Setelah Aktif. Bisa kalian perhatikan tulisan CMYK>Cyan>Magenta>Yellow dan Black. (Perhatikan Gambar dibawah) Untuk mengecek warna sudah maksimal atau belum dengan cara mematikan/menghilangkan tanda icon mata.
     
    Dengan mematikan icon mata di warna "Black". Dapat diperhatikan gambar dibawah akan ada perubahan Tulisan yang berwarna hitam (tulisan “& Ikan Bakar”) menjadi hilang. Tandanya sudah maksimal warnanya (100%) tetapi kalau masih ada menjadi warna abu-abu seperti contoh “di stroke” (tulisan "Nabila") itu perlu di tambah warna hitamnya sampai menjadi (100%). Pengaturannya silah blog tulisan atau area warna yang ingin dirubah dengan cara klik Set forgeground color di Toolbox/Toolpanel disebah kiri perhatikan diwarnanya (C : Cyan (Biru), M : Magenta (Merah), Y : Yellow (Kuning) dan K : Black (Hitam). Nah, misal yang ingin dimaksimalkan warna hitam maka dikolom (K : Black -Hitam) isikan 100% kolom yang lain dikosongkan. Cara tersebut bisa dilakukan waktu pemilihan warna saat mendesain.  Dengan cara mengatur seperti itu maka hasilnya cetaknya akan maksimal misal diwarna hitam menjadi hitam pekat bukan warna kayak Abu-abu.

    Dalam kasus diatas jika kalian mendesain seperti spanduk yang dicetak oleh mesin Digital Printing. Namun, berbeda jika kalian mendesain untuk dicetak oleh mesin Offset misal undangan, atau brosur. Perbedaannya, pada optimalisasi warna misal yang ingin dimaksimalkan warna hitam maka dikolom (K : Black -Hitam) isikan 90% pada kolom warna yang lain C :75%,  M: 68 % dan Y: 67%.

    Wah, repot ya? Tidak repot. Karena biasanya, akan mengisikan secara otomatis pesentase warnanya tersebut. Kenapa, "kok" untuk di cetak oleh mesin offsice diatur seperti itu? Pangalaman pribadi pernah di kasih tau dengan yang tukang "cetaknya" hasil desain saya dengan warna hitam pekat akan cepat menghabiskan tinta jadi "sedikit-sedikit isi ulang tintanya". Dengan pengaturan hitam yang seperti itu, kepekatan warnanya sudah maksimal.

Maksimalkan Warna di Photoshop

3. Resolusi Untuk Spanduk di Adobe Photoshop

Terakhir pengaturan resolusi ini juga perlu diperhatikan. Jika kalian memakai ukuran asli misal ingin membuat spanduk dengan ukuran 300x100 cm maka resolusi yang bisa kalian pakai adalah 72 Pixel/Inch atau maksimal 90  Pixel/Inch. Kalau lebih gimana? Kasian Leptop/PC kalian jadi berat, karena biasanya aplikasi yang dibuka dileptop bukan Photoshop saja. Ya, kan!

Nah, untuk kalian yang kondisinya mempunyai Leptop/PC spacenya rendah. Gunakan TIPS ini : Dengan merubah satuan ukuran misal di minta membuat spanduk dengan ukuran 300x100 (cm) maka Cm rubah Pixels menjadi seperti ini (3000x1000 pixels) dan untuk resolusinya gunakan bisa memakai 300 Pixel/Inch sampai 500 Pixel/Inch agar waktu dirubah menjadi ukuran sebenarnya (300x100 cm) gambar tidak menjadi buram atau pecah. Pahamnya!

Namun buat kalian yang ingin mendesain dengan ukuran standar (misal ukuran A4, HVS atau A3+), gunakan resolusi yang tinggi biasanya menggunakan resolusi 300 Pixel/Inch. Tidak masalah, walaupun space Leptop/PC yang kalian miliki rendah.

Demikian Trik Desain dengan Photoshop Agar Hasil Cetaknya Bagus. Mudah-mudah bermanfaat. Namun untuk kalian yang masih bingung atau masih ada perlu yang ditambahan silahkan tulis dikomentar. Salam Hangat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Trik Desain dengan Photoshop Agar Hasil Cetaknya Bagus "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel