Cara membuat tulisan berjalan di OBS Studio (Lengkap dengan Gambar)

HASTAGIDN.WEB.ID - Salah satu fitur unggulan yang ada pada OBS Studio yang sudah banyak dikenal aplikasi open source yang maksudnya bebas tanpa membeli lisensi ini yakni bisa menambahkan tulisan berjalan yang dalam bahasa jawa ne Marquee atau running text. hehe. BACA JUGA : Cara Menambahkan Jam Digital di OBS Studio

Apa bagusnya ditambahkan asesoris tersebut? Tentu, bertujuan untuk memberikan kesan tampilan live streaming kalian lebih profesional seperti yang nampak di TV. Lebih dari pada itu, dapat memberikan informasi tambahan yang ingin disampaikan oleh para permirsa.

Pasalnya penonton. Biasanya tidak terus merus stand by untuk menonton saat live yang sedang berlangsung. Kalau, disampaikan secara lisan dan tulisan yang buat di deskripsi terkadang terlewat atau bisa jadi tidak memperhatikan.

Dalam pembuatannya cukup sediakan kopi anget, bisa juga wedang jahe plus cemilan...heheh

Langkah 1. Silahkan buka OBS Studio kalian. Kemudian Klik Tanda Plus (+) di Sources dan Pilih Text (GDI+) akan diarahkan halaman baru Create/Select Source.

Kalau ingin membuat baru langsung 'OK' (Namanya bisa diganti). Tapi bila sudah pernah membuat dan ingin menambahkan bisa klik radio button selanjut pilih nama yang sebelumnya kalian sudah buat 'OK'. Lebih jelas perhatikan gambar :

Cara membuat tulisan berjalan di OBS Studio

Langkah 2. Setelah klik 'OK' kalian akan diarah kehalaman baru bernama Properties for 'Text....' disitulah kalian bisa tulisan informasi yang ingin ditambahkan pada bagi text. Selanjutnya pilih Select Font untuk mengganti jenis huruf yang kalian inginkan.

Dihalaman baru tersebut ada pilihan font yang ingin kalian gunakan, font style pengaturan gaya huruf dan ukuran huruf saran 30 px kemudian 'OK'. Untuk lebih jelasnya lihat gambar :

Cara membuat running text di OBS Studio

Setelah, kalian pilih 'OK' kalian akan di kembalikan dihalaman Properties for 'Text....' disini kalian bisa mengganti warna tulisan, latar belakang tulisan (agar tanda waktu tulisan berjalan) dan opatick membuat ketajaman dari backgorund tulisa semakin besar (geser kekanan) semakin tebal dirasa cuku tekan 'OK'. Detailnya lihat gambar : 

Cara membuat tulisan berjalan di OBS Studio

Langkah 3 :Apakah sudah selesai? Belum. Langkah berikutnya kalian klik kanan Text tulisan yang sudah kalian buat tadi di Sources. Kemudian pilih Filters dan kalian akan diarahkan kehalam baru bernama Filters for....dan pilih Scroll. Perhatikan gambar :

Cara membuat tulisan berjalan di OBS Studio

Setelah memilih Scroll. Kalian akan diminta untuk mengisi form di halaman Filter name silahkan diganti suka-suka kalian atau kalau tidak mau, langsung pilih 'OK' saja.

Langkah 4 : Hampir selesai, semangat. hehe.... Pada langkah terakhir ini kalian akan temukan tulisan Harizontal Speed silahkan geser kekanan akan nampak tulisan mulai berjalan (silahkan diatur kecepatannya). Jika kalian mengingkan tulisan naik dari bawah-keatas atau dari atas-kebawah bisa geser di Vertical Speed. 

Untuk mengatur lebar tulisan cek list Limit Width isikan saja 810 atau disesuaikan dengan keinginan kalian. Pada bagian Loop otomatis cek list yang berfungsi untuk mengulang-ngulang tulisan yang sedang berjalan tapi kalau kalian menginkan sekali saja bisa hilangkan cek listnya jika dirasa cukup silahkan Close . Lihat Gambar :

Cara membuat marquee di OBS Studio

Akan nampak tulisan yang sedang berjalan. Silahkan digeser atau didrag seperti yang kalian inginkan.

Akhir Kata

Bagai mana? cukup mudah bukan membuat tulisan berjalan di OBS Studio. Apalagi sudah dilengkapi gambar hehe. Oke, selanjutnya kalian bisa praktikan semoga bisa mempercantik live streaming kalian. BACA JUGA : Transform (Crop, drag dan Rotate) Tampilan Video di OBS Studio

Kalau ada yang kurang jelas, ingin memberikan kritik dan saranya monggo-monggo dituliskan dikolom komentar.

Salam Semangat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara membuat tulisan berjalan di OBS Studio (Lengkap dengan Gambar)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel