Toturial lengkap Live Facebook dari Zoom dengan OBS Studio

HASTAGIDN.WEB.ID Apakabar hari ini? Semoga, selalu diberika kesehatannya...Aamiin. Nah, kali ini Hastagidn.web.id cukup tertarik buat ngebahas cara menghubungkan zoom ke OBS Studio untuk live di facebook.

Kalian sebenarnya bisa langsung live melalui zoom. Namun, point pentingnya adalah di penampilannya yang nampak lebih cantik  dengan terlebih dahulu menghubungkan ke OBS Studio. Pasalnya, bisa menampilkan pernak-pernik yang salah satunya yang paling apik adalah  Menampilkan Spektrum di OBS Studio Tambah

Selanjutnya. Tentu untuk kalian, yang baru pertama kali mengoprasikan perangkat lunak open-source yang gratis dan yang cukup populer ini. Pastinya kalian akan merasa bingung, ya kan?

Cerita sedikit, bolehnya? Pertama kali live di plapon Facebook dengan perangkat zoom dan OBS Studio sangat buruk sekali. Karena terputus-putus (Lag) yang berujung siaran terputus tidak sampai selesai (sedih bangetkan)...huhu. 

Akhir berkelana ke gurun google dan Youtube sedikit ketemu solusi tapi tidak terpuaskan yang menuntut bertanya langsung dengan master yang biasa live streaming kalau beliau sering di Youtube. 

Dalam kasusnya. Saya menggunakan provider Telkomsel dengan status jaringan 4G di cek cepatan pada laman www.speedtest.net tertera ping 37ms, unduh 9.63 Mbps dan unggah 4.02 Mbps dengan penampakan tersebut jika kalian ingin live streaming di youtube masuk kategori buruk karena saya test sendiri hasilnya ada notifikasi seperti itu.

Nanti, kalau ketemu tipsnya tak bagi-bagi disini. Soale, saya selalu pratik terlebih dahulu sampai maksimal baru share ditulis diblog kesayangan ini selain hoby biar tidak lupa. Insyaallah yang ditulis tidak mudah dilupakan sewaktu-waktu bisa dibuka kembali dan apa yang di bagi kepada orang lain tidak akan habis.

Saya mengunakan Leptop Asus type K43SJ dengan Spesikasi RAM 4 Gb, Hardis 500 Gb + SSD 250 Gb untuk sistem operasinya pakai Windows 7 Ultimate SP 1  versi 64 Bit.

Kenapa tak sebut kecepatan Internet dan Spasiaksi leptop? Untuk memberi gambaran kepada kalian, semuanya tidak ada pengaruh ketika benar setting atau mengaturnya di aplikasi OBS Studionya.

1. Setting dan Mendapatkan Stream Key Live Facebook

Silahkan login ke Facebook kalian kemudian klik https://www.facebook.com/live/create kalian akan mendapati halaman seperti ini.

Cara Live Streaming di Facebook

Akan nampak Buat Stream Siaran Langsung (Seperti gambar yang dilingkari). Kalau kalian pilih, berikutnya tampil halaman ikuti langkah yang nampak di gambar dan keterangan dibawahnya.

Cara Setting Live Streaming di Facebook
  1. Pilihan pemirsa yang kalian inginkan bisa ke Publik, teman Teman Kecuali, Teman spesifik dan hanya saya.
  2. Judul atau Title misal "LIVE | Kajian Fiqih Bersama Ustd. Sidiq Al Jawai....."
  3. Keterangan untuk menjabarkan lebih luas acara yang kalian selenggarakan.
  4. URL Server ini sifatnya tetap yang akan tampil berbeda-beda dari masing-masing akun Facebook. Bagian ini nanti bisa copy-paste untuk ditambahkan ke pengaturan OBS Studio.
  5. Stream Key. Nah, ini yang kalian copy-pastekan di pengaturan OBS Studionya. Ada tombol untuk mengatur ulang Steram Keynya. 

2. Cara koneksikan OBS Studio ke Facebook)

Jika dirasa sudah yakin pada informasi yang telah kalian masukan. Selanjutnya, kalian pergi kepengaturan di OBS Studio. Kalau, kalian belum menginstalnya monggo download terlebih dahulu di https://obsproject.com/download silahkan pilih sesuai dengan Operasi Sistem dan versi yang kalian pakai.

Download OBS Studio

Saya rasa semua sudah pahamnya cara instalnya 'ya'. Karena, tidak ada pengaturan khusus. Jadi langsung bisa next ke pengaturan OBS Studio

Pengaturan Live OBS Studio

Pada Menu Control dan silahkan Pilih Setting. Kalian akan diarahkan di ke halaman pengaturan dan kalian pilih Stream. Dalam mengkoneksikannya ada dua cara :

  1. Pada service Pilih Fecebook Live - Server tetap Default (karena tidak ada pilihan lain) - Stream Keynya silahkan di copy-paste dimasukan pada bagian tersebut (penjelasan diatas). Kemudia Pilih 'ok'
  2. Setting OBS Studio Live FB
  3. Pada service Custome - Serve dan Stream Keynya silahkan di copy-paste dimasukan pada bagian-bagian tersebut (penjelasan diatas). Langkah terakhir pilih 'ok'
  4. Setting OBS Studio Live FB

3. Setting OBS Studio live Facebook Tanpa Lag (Putus-putus)

Pada bagian ini yang paling penting jika kalian mengunakan kekuatan koneksi internet dan leptop seperti penjelasan diatas. Silahkan ikuti pengaturan seperti dibawah ini. (Untuk memperjelas Klik gambar).

Setting OBS Studio live Facebook

Penjelasan secara detailnya lain waktu tak bahas disini. Soale kopi ne uwes entekk hehe...

4. Cara Koneksi Zoom Ke OBS Studio

Silahkan masuk keakun zoom kalian Mudah membuat Akun Zoom Solusi Pertemuan Masa Kini.. Dan pada pengaturan di OBS Studionya silahkan perhatikan di menu Sources dan pilih tanda plus (+) cari Window Capture di Create newnya silahkan berinama sesuai dengan keinginan kalian, kemudian pilih 'ok'.

Koneksikan Zoom ke OBS Studio

Sudah melakukan langkah diatas. Nah, selanjutnya buka kembali nama windows capture (jika kalian tidak merubah) tapi kalau sudah diganti silahkan cari sampai dapat hehe. Kalau sudah ketemu silahkan Doble Klik atau Klik dua kali.

Kemudian cari zoom.exe (seperti nampak pada gambar dibawah) biasanya ada dua pilihan. Untuk memastikanya bisa lihat view di atasnya. Bagai mana? Kalau sudah pilih 'ok'. Selanjutnya baca Cara Crop drag dan Transform Tampilan Video di OBS Studio

Tanda cek list di hilangkan agar waktu live kalian pindah ke zoom tidak nampak kursor.

Koneksikan Zoom ke OBS Studio
Tips : Untuk di aplikasi Zoom di bagian room live video disini ada tiga orang (Narasumber, host dan Operator biar mudah mengaturnya) pada gallery View dibuat seperti ini :
Sumber gambar : https://tekno.kompas.com/image/2020/03/30/11270017/begini-cara-ganti-background-di-aplikasi-zoom-saat-video-conference?page=1

Selanjutnya video live pada narasumber dan host di pin atau ditandai dengan cara double klik (klik 2 kali) atau klik kanan pilih pin. Kenapa? Agar tidak pindah/ bergeser otomatis saat disalah satu berbicara

Karena nanti yang tampil di OBS Studionya dan live di Facebooknya hanya salah satu saja. Kalian bisa mengganti-gantinya dengan memilih yang ingin ditampilkan (Narasumber dan Host).

5. Mulai live streaming di Facebook

Sudah dirasa cukup dan siap untuk live maka ini lah waktu yang paling mendebarkan hik..hik. Pada menu control tekan Start Streaming.

Live streaming di Facebook dari OBS

Tulisan Start Streaming akan berubah menjadi Stop Streaming (jika ingin menyudahi live klik tombol tersebut). Nah, pengaturan di OBS Studio sudah siap untuk straming tinggal di Facebooknya.

Silahkan, kalian pergi ke facebook akan mendapati tulisan Siaran Langsung dan jangan ragu untuk klik tombol tersebut. Selanjutnya, warna dan tulisan akan berubah menjadi warna merah dan akhiri siaran Streaming (Untuk mengakhirinya klik tombol tersebut). Bagai mana, bisanya....?

Live streaming di Facebook dari OBS

6. Kesimpulan

Streaming di Facebook dari Zoom dengan OBS Studio adalah cara sederhana untuk menampilkan hasil  Live yang nampak profesional. Cara Menambahkan Jam Digital di OBS Studio Sebenarnya bisa menggunakan aplikasi lain seperti Vmix namun sayangnya perangkat tersebut berbayar (tidak gratis). Meskipun bisa diakalin, tetapi banyak sekali kendala (Ya...namanya juga akal-akalan hehe).

Semoga dengan toturial ini.  Yang cukup singkat yang diambil berdasarkan dari pengalaman sendiri yang mudah-mudah bisa bermanfaat.

Selanjutnya jika ada tutur kata yang kurang tepat atau kurang jelas bahkan ingin memberikan kritik dan sarannya monggo untuk dituliskan pada kolom komentar.

Salam Semangat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Toturial lengkap Live Facebook dari Zoom dengan OBS Studio"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel