Transform (Crop, drag dan Rotate) Tampilan Video di OBS Studio

HASTAGIDN.WEB.ID - Assalamualaikum sahabat hastagidn.web.id . Apakabarnya? Semoga kita dalam keadaan sehat dan yang paling penting masih beriman Islam. Aamiin.

Nah, disempatan ini ngebahas fitur Transform (Crop, drag dan Rotate) di OBS Studio. Untuk Apa Fungsinya? Kalau kalian live streaming menggunakan zoom atau kamera yang dipasang  pc/leptop kalian dan ada bagian yang tidak inginkan maka menggunakan fitur ini. Cara Live Facebook dari Zoom dengan OBS Studio

Pasalnya tidak keren ketika live streaming. Ada tampilan nampak ganjil yang tidak kalian inginkan. Yang juga mengurangi kesan profesionalnya (walau masih belajar juga) hehe.

Dalam pratiknya terdapat dua cara yang bisa kalian bisa gunakan yakni manual dan otomatis (sekaligus). Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, yang pada intinya kalian ingin menggunakan yang mana?

Bagai mana sudah siap? Okelah. Jangan lupa kopi dan cemilannya...hehe

1. Menfaatkan edit Transform

Cara ini boleh dibilang otomatis (sekaligus). Sebab, disatu tempat kalian bisa melakukan Crop, drag dan Rotate, bagai mana caranya?

Silahkan klik kanan Window Capture (zoom atau video) / Video Capture Device (kamera tersambung ke PC/Leptop). Tapi kalau nama sudah dirubah tinggal cari saja. Selanjutnya pilih Transform dan edit Transform untuk lebih jelasnya, lihat gambar

Edit Transform Crop, drag dan Rotate

Setelah kalian klik akan diarahkan diform Scene Item Trasform. Dalam halaman tersebut, silahkan diisi sesuai dengan printahnya untuk melihat perubahannya akan nampak di jendela privew di kanan layar leptop kalian.

Cara Menampilkannnya Priview : Pilih Menu Control Kanan Bawah aktifkan Studio Mode

. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dan keterangan dibawah ini :

Transform Crop, drag dan Rotate
  1. Position : Mempunyai fungsi untuk menggeser (drag) kekiri dan kenan bisa disi langsung atau dengan cara mengeklik tanda keatas dan kebawah.
  2. Rotation : Untuk mengatur posisi perputaran video atau gambar ingin berapa drajat.
  3. Size : Dalam bahasa Indonesia size adalah ukuran. Maka, mempunyai kegunaan mengatur besar dan kecil gambar atau video.
  4. Positional Aligment : Mengatur posisi gambar secara otomatis. 
  5. Bounding Box Type, Aligment in Bounding Box dan Boundin Bos Size : Kurang lebih memiliki fungsi yang sama dengan yang lain
  6. Crop : Untuk menentukan bagian video atau gambar yang ingin dihilangkan dan ditampilkan.

Bagai mana? Mudah dimengertinya. Selajutnya ke cara yang kedua.

2. Memakai Shortcut Keyboard

Cara manual mentransform (Crop, drag dan Rotate). Langsung saja, yang kalian lakukan adalah seperti pembahasan diatas mengaktifkan Studio Mode terlebih dahulu pada menu Control untuk menampilkan Previewnya. Lihat gambar :

Memakai Shortcut Keyboard Transform Crop, drag dan Rotate
  1. Untuk menggeser (drag) kekiri-kenan atau keatas-kebawah. Klik pada video atau gambar di Privew kemudian silahkan atur posisi dimana mau diletakkan dengan menggunakan mouse atau Touchpad dileptop kalian.
  2. Keyboad Shortcut  ALT : Berfungsi untuk crop pada gambar atau video dengan caranya klik pada video atau gambar pada priview akan nampak garis merah dan titik (titik ujung dan tengah).

    Nah, dibagian titik tersebut silahkan digeser menggunakan mouse  atau Touchpad untuk memulai crop. Lebih jelasnya, lihat gambar :

    Keyboad Alt crop obs studio

  3. Keyboad Shortcut SHIFT : Keyboad SHIFT digunakan untuk mengatur besar atau kecil pada gambar atau video untuk memposisikan area yang ingin rapikan misal menggunakan templet yang sudah disiapkan. Karena ukuran templet tidak pas dengan video maka tinggal tarik kekanan-kekiri dan keatas-kebawah.

    Caranya : Klik pada tampilan priview kemudian akan tampil garis merah dan titik-titik (sama seperti crop diatas). Pada, titik ujung atau tengah tarik kekanan-kekiri atau kebawah-keatas dengan mouse sambil tekan keyboad Shortcup SHIFT sesuai keinginan kalian.

  4. Keyboad Shortcut CTRL : Keyboad CTRL berfungsi untuk mengecilkan atau membesar area gambar atau video tanpa merubah tampilan (Maksudnya tampilan tidak menjadi gepeng melebar atau tinggi) caranya sama diatas.

Mudah-mudah tidak semakin jelimetnya!!!

Kesimpulan

Transform  (Crop, drag dan Rotate) Video di OBS Studio yang sudah dibahas diatas kalau saya lebih suka ke cara yang kedua manual (satu-satu). Karena alasan tidak terlalu ribet untuk memperkirakan besar-kecil atau kurang kekanan-kekiri atau keatas-kebawah.

Demikian, mudah-mudahan bisa bermanfaat kalau ada salah kata saya minta maaf, kalau ada yang kurang jelas atau ingin memberikan kritik dan saran jangan sungkan untuk memberikan komentar di bawah.

Salam Semangat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Transform (Crop, drag dan Rotate) Tampilan Video di OBS Studio"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel