Aplikasi Kasir Free untuk penjualan barang dengan excel VBA

Aplikasi Kasir Free dengan excel vba

HASTAGIDN.WEB.ID - Assalamualaikum...apakabarnya? Semoga, kita semua masih dalam keadaan sehat dan diberikan ketetapan beriman Islam...Aamiin. Nah, disempatan yang baik ini yang ditemani mentari pagi yang cerah dan suara gemercik burung. Mau membagikan aplikasi kasir penjualan barang menggunakan VBA di microsoft excel yang tentu gratis.

Program kasir ini sudah cukup ciamik selain untuk pencatatan sirkulasi keuangan penjualan barang sudah mampu untuk melakukan penginputan berupa data barang masuk dan Supplier.  

Keunggulan

Sebelum lanjut untuk menjatuhkan pilihan. Biasanya, kalian akan melihat keunggulan suatu prodak atau barang tersebut terlebih dahulu. Agar, kalian tidak merasa dikecewakan. Ya, kan?

Nah, mengenai keunggulan dari Aplikasi Kasir ini :

(1) Aplikasi kasir ini bersifat portable (tanpa harus menginstall). Ketika kalian ingin membukanya atau ingin menggunakan tinggal klik buka, maka akan berjalan otomatis tanpa ada pengaturan khusus.

Dan tentu aplikasi kasir tersebut tidak hanya berjalan di satu laptop/pc saja. Yang penting, diperangkat tersebut sudah terinstal microsoft excel. Disebabkan, aplikasi ini menginduk kedirinya.

Kalau ditanya berapa besar ukurannya? Tak jawab. Sangat-sangat kecil yakni 227 KB.

(2) Ini bagian yang paling-paling disuka oleh kebanyak user (pengguna). Yakni, kemudahan dalam mengoprasikan walau kalian baru pertama kali menggunakannya karena dibuat sedemikian rupa hingga mudah untuk dimengerti.

(3) Software ini dilengkapi dengan fasilitas pemberian diskon. Yang akan terjumlah otomatis dan tampil ditotal pembayaran. Pada penginputan diskon yang langsung dimasukan pada waktu input data barang masuk. 

Kekurangan

Tentunya tidak adil kalau hanya menyampaikan keunggulannya saja tanpa memberi tahukan kekurangannya. Karena, memang ada kelebihan pasti ada kekurangan. Ya, kan? :

Sayang!!! Aplikasi kasir yang satu ini tidak dilengkapi keamanan login. Jadi, semua orang langsung bisa mengaksesnya. Seharus ada pembatasan hak akses baik untuk kasir ataupun administartornya. 

Sehingga akan nampak. Hak aksesnya, kasir hanya melayani transaksi tunai saja sedangkan Administrator mempunyai hak mutlak baik transaksi tunai maupun input data barang masuk.   

Hanya itu, kekurangannya karena yang lain sudah cukup kereen!!!

Download Aplikasi Kasir

Bagai mana sudah berhasil mengunduhnya? Langkah berikutnya. Silahkan ekstrak dari cangkang winrarnya dan klik APLIKASI KASIR - MANUAL UPDATE.xlsm dalam folder tersebut. Jika, kalian baru pertama kali membukanya excel berfomat xlsm.

Akan nampak notifikasi bertulisakan Security Waring. Nah, selanjutnya klik tulisan Enable Content dan Traaa...kalian langsung diperlihatkan halaman utama aplikasi kasir ini.

Langkah melakukan Transaksi Tunai

Aplikasi Kasir Free dengan excel vba

Untuk memulai dalam bertransaksi dengan menggunakan aplikasi ini :

 LANGKAH 1 : Silahkan klik tombol NEW untuk memulai TRANSAKSI BARU pada bagian tanggalnya akan terisi sesuai dengan tanggal sekarang. 

 LANGKAH 2 : Pada icon pencarian diklik akan diperlihatkan deretan barang yang sebelumnya sudah dimasukan. Jika, sudah terlalu banyak dan kesulitan untuk mencarinya silahkan gunakan fasilitas pencarian nama ataupun kode barang.

Jika sudah ketemu silahkan DOBLE KLIK (klik 2 kali) yang langsung keluar dan akan kembali dihalam utama kasir. Perhatikan, pada bagian Nama barang, Satuan harga dll....akan terisi.

LANGKAH 3 : Pada QTY silahkan diisi sesuai dengan permintaan sang pembeli. Satu, dua atau tiga. 

LANGKAH 4 : Berikutnya, klik tombol SAVE  yang akan tampil secara keselurahan dari kode Transaksi sampai total barang yang dibeli. Jika, ada penambahan transaksi ikuti langkah 2.

LANGKAH 5 : Kalau dirasa cukup bisa cetak nota dengan tekan TOMBOL PRINT OUT.  Dengan terlebih dahulu mengisikan jumlah uang pembayaran pada form BAYAR.

Tapi, jika ada perubahan bisa klik hasil transaksi kemudian akan mengisi form-form dan silahkan lakukan perubahan. Setelah selesai KLIK UPDATE.

RESET : Untuk mengulang transaksi yang sudah terinput DELET : Menghapus transaksi caranya sama dengan UPDATE.  

Langkah Input Data Barang

Silahkan Klik Menu BARANG yang akan disambut form data barang. Silahkan disi Kode Barang, Supplier, Nama Barang Barang....dll. Selesai klik Tombol ADD untuk input data.

Jika ada perubahan (UPDATE) dan HAPUS klik pada bagian barang yang ingin di rubah atau hapus. Tapi kalau sudah terlalu banyak bisa gunakan pencarian pada icon pencarian pada Kode Barang dan Nama Barang.

CLEAR : Untuk reset semua yang sudah terinput.

TAMBAH STOK : Untuk menambah jumlah stok barang.

Data Laporan

Pada penginputan SUPPLIER kurang lebih sama dengan input data barang. Sedangkan, untuk laporan bisa kalian pilih berdasarkan kategori  Kode Transaski, Tanggal, Kode Barang dan Nama Barang.

Setelah kalian pilih misal Tanggal silahkan masukan dengan format Tanggal awal 01/09/2020 Tanggal Akhir 01/10/2020 kemudian klik tombol GET DATA.

CLEAR : Buat Reset ulang

PRINT OUT : Untuk cetak data laporan

Tombol SIMPAN

Berfungsi Untuk menyimpan semua aktifitas selama menggunakan aplikasi ini. Jika kalian ingin keluar aplikasi tekan TOMBOL KELUAR.

AKHIR KATA

Dengan aplikasi kasir, yang dikembangkan dengan excel micro VBA  ini. Semoga penjualan barang kalian dapat bantu. Tentu lebih rapi dalam memantau perkembangan uang khas masuk dan keluar.

Nah, tentu kita mengucapkan terima kasih kepada ERWIN SUHARIYANTO sebagai pengembang yang telah memberikan aplikasinya secara cuma-cuma. Untuk, mendukungnya silahkan tombol subribe di chanel youtubenya EXCEL & VBA TUTORIAL.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Aplikasi Kasir Free untuk penjualan barang dengan excel VBA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel