Cara menghubungkan kamera Android ke OBS studio dengan DroidCam OBS

HASTAGIDN.WEB.ID - Android yang kalian gunakan ternyata mampu dijadikan pengganti. Webcam atau biasa disebut ‘web camera’ (jenis perangkat keras berupa kamera digital yang dihubungkan ke komputer atau laptop) yang tentunya dengan kualitas yang tidak mengecewakan.


Nah ini, berkat perangkat lunak bernama DroidCam yang saat ini sudah rilis di Versi 6.3.2 bisa dilihat diwebsite resminya. Dan yang lebih mengejutkan, ternyata developernya tidak berdiam diri untuk terus mengambangkan kemampuannya aplikasinya untuk mengikuti trand yang saat ini telah meluncurkan perangkat yang dikhusus. Dalam bentuk plugin yang langsung bisa diintegrasikan ke perangkat open source OBS Studio.

Tentu ini sebuah inovasi yang luar biasa yang disambut hangat oleh user (pemakai). Terkhusus, yang suka atau ingin membuat acara yang di Live Streamingkan di Facebook atau Youtube. Karena, yang sebelumnya harus instal Server Clientnya dileptop/pc dengan hadirnya plugin ini cukup instal plugin yang langsung terhubung di OBS Studio.

Plugin tersebut ia beri nama DroidCam OBS Version 1.0. Bila kalian cek disitus resminya https://www.dev47apps.com/obs/ nampak tertulis BETA (aplikasi yang masih dalam taham pengembangan).

Tidak hanya untuk live straming saja. Namun bisa, dihubungkan keaplikasi perangkat lunak konferensi video seperti zoom meetings.

Namun, disini hanya akan mengulas secara detail Cara Android dijadi kamera yang terhubung ke OBS studio dengan DroidCam. Nanti akan dibahas secara khusus cara menghubungkan webcam ke zoom. Coming Soon....!!!

Keunggulan Plugin DroidCam OBS

Apakah masih bisa dikoneksikan dengan perangkat nirkabel (WiFi) -tanpa kabel- dan menggunakan kabel USB?

Tentu masih bisa. Walau dalam bentuk plugin DroidCam OBS sama sekali tidak menghilangkan dua pilihan untuk koneksi yang menjadi fitur unggulannya.

Selain itu. Sama sekali tidak ada perubahan pada fitur server diAndroid lainnya, seperti : (1) Kalian akan tetap bisa beraktifitas dengan Android walau kondisi  sedang aktif sebagai webcam (2) Biasanya, HP akan standby ketika mengaktifkan kamera. Masih tetap bisa, untuk  mengatur dengan memati layar atau sleep layar sehingga bisa menghemat daya. (3) Dan yang terakhir cara instal dan mengkonesikannya tidak ribet.

Yang nampak membedakan adalah di server yang terinstal di Android kalian lebih full sehingga lebih leluasa untuk short  area yang kalian inginkan.

Bagai mana? Yakin buat lanjutkan...

Oke sebelum lanjut. Seperti biasa, untuk mengikuti langkah-langkah dibawah ini siapkan kopi hitam cap kupu-kupu, atau bisa juga Teh pucuk sari dan cemilan kripik ubi atau singkongnya. hihihi

Download dan Instal DroidCam OBS

Untuk di Android kalian langsung bisa mengunduhnya di Play Store dengan kata kunci pencarian DroidCam OBS disambut dengan icon mata cctv. Silahkan diunduh, seperti apk pada umumnya yang langsung akan otomatis menginstalnya.

Sedangkan untuk di plugin yang akan diinstal pada OBS Studio kalian silahkan klik link dibawah ini. Kalian nanti akan diarahkan dihalaman resminya, yang nampak ada bebera logo operasi sistem. Untuk mendownload silahkan klik pada logo.

Download DroidCam OBS


Full setting IP Webcam

Cara Menghubungkan Kamera Android ke Laptop/pc

 Jika kalian sudah selesai mengunduhnya. Tahap, berikutnya adalah penginstalan plugin Klik DroidCamOBS.Setup.1.0.exe > i Agree > Install (cek list Android USB Support dan Apple USB Support) dan Selesai

Cara 1 : Menghubungkan dengan Wifi (Lihat Gambar)

DroidCam OBS kamera smartphone ke OBS studio

Langkah 1 : Setelah kalian selesai menginstalnya. Langsung saja buka OBS Studionya pilih tanda plus (+) di Sourcesnya.

Langkah 2 : Selanjutnya, akan tampil pilihan plugin pilih DroidCam OBS.

Langkah 3 : Akan diarahkan halaman baru. Di bagian create new ada tulisan DroidCam OBS silahkan diganti sesuka hati atau diabaikan saja dan lanjut "OK".

Langkah 4 : Kemudian kalian akan nampak panel control DroidCam OBS. Untuk Resolution pilih 1280x720 (agar hasil video lebih jelas/terang). Video Format Gunakan AVC/H.264. Untuk memberikan hasil video yang lebih bagus.

Langkah 5 : Pada device ini aktifkan use Wifi. Pada Androidnya dibuka DroidCam OBS yang tentu sudah terinstal. Untuk menghubungkanya, gunakan wifi yang sama.

DroidCam OBS

Langkah 6 : Pada Wifi IPnya isi IP Addres yang tampil pada di DroidCam OBS Android. (seperti gambar dibawah sebelah kiri) 

Cara menghubungkan DroidCam OBS
Tips : Jika dibagian wifi IP tidak tampil malah ada tulisan Server start Error! (seperti nampak pada gambar diatas sebalah kanan). Silahkan unstall/hapus DroidCam pada Android dan instal/pasang kembali selanjutnya buka kembali.

Langkah 7 : Terakhir, kalau dirasa sudah cukup siap. Silahkan klik tombol Activate dan TRAA...akan ada tampil sesuatu. 

Cara 2 : Menghubungkan dengan Kabel USB

Di cara kedua ini, yang membedakah hanya dilangkah 6 (perhatikan urain diatas) pada device sebelumnya pilih Use Wifi. Selanjutnya, perhatikan, langkah dibawa ini :

Langkah 1 : Silahkan hubungkan Android dengan leptop/pc dengan kabel USB (Kabel yang biasa untuk charger). Akan tampil pilihan (Gunakan USB untuk) pilih saja dibagian tulisan "isi daya perangkat ini"

Langkah 2 : Kalau sudah dihubungkan. Selanjutnya, klik Refresh Device List pada bagian bawah device. 

Langkah 3 : Untuk melihat sudah berhasil terkoneksi atau belum. Klik bagian Device jika ada tampilan perangkat baru silahkan dipilih saja.

Langkah 4 : Kemudian, buka DroidCam OBS diandroid. Selanjutnya, klik tombol Activate dan Ihuiiiii.....berhasil. 

Akhir Kata

Dari dua cara diatas menghubungkan Kamera Android dengan Plugin DroidCam OBS ke OBS studio. Mana yang lebih mudah, menggunakan nirkabel (wifi) atau kabel (usb)? Tentu, dari keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Nirkabel (wifi) : Tentu, tidak direpotkan dengan yang nama kabel yang juga masih bisa menjangkau dalam jarak 5 lebih. Kekurangan : Masih ada error di bagian wifi IP servernya (mungkin karena masih uji coba) semoga kedapan semakin baik.

Kelebihan Kabel (USB) : Cukup, dengan menghungkan antar android dan leptop/pc (tidak ada pengaturan khusus) langsung bertsambung. Kekurangan : Karena menggunakan kabel USB, tersenggol sedikit saja langsung terputus (tidak tertanjap dengan kuat).

Demikian, semoga bisa bermanfaat. Dan jika kalian belum paham atau ingin menyumbangkan pengalamanya dan juga ingin memberikan kritik dan saran silahkan koment dikolom komentar. 

 Salam Semangat

UPDATE

Plugin DroidCam OBS sepertinya terus di perbaiki. Pasalnya, di versi yang sekarang tidak ada error diwaktu pengoneksian yang berulang dan lebih menariknya lagi bisa langsung terhubung melalui hotspot dari Android kalian. Untuk lebih jelasnya silahkan simak video dibawah ini.
 
Oya jangan lupa buat subribe jika kalian merasa videonya bermafaat dan jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan jangan sukan untuk menuliskan dikolom kementar. Terima Kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara menghubungkan kamera Android ke OBS studio dengan DroidCam OBS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel