Cara menampilkan dua video dari Zoom ke OBS Studio

Cara tampil dua video dari Zoom ke OBS Studio

HASTAGIDN.WEB.ID - Hai..Apakabarnya. Semoga kita semua masih diberikan kesehatan dan ketetapan Iman Islamnya.Amiin. Nah, dikali ini sangat tertarik buat membahas bagai mana cara menanpilkan dua (atau multi - lebih-) video dari zoom yang dihubungkan ke OBS Studio untuk ditampilkan diacara Live Streaming baik di Plapon Facebook ataupun Kanal Youtube.

Nah, ini tentu sangat menarik buat kalian yang ingin membuat streaming kajian Islam. Pasalnya, dengan langsung membuat tampilan dua video disatu layar akan nampak lebih profesional.


Jadi maksudnya misalnya dikanan host dan kirinya nasumber dalam satu program live (lihat gambar diatas) tentu akan menghasilan tampilan yang berbeda jika dibandingkan dengan cara begantian tampil dilayar "Ketika host menyapa narasumber tampil nasumber yang menjawab disapaan host dan hostnya tidak nampak juga sebaliknya".

Ini tentu tidak ada kesulitan. Kalau hanya ada dua orang saja yakni host yang merangkap operator dan nasumber. Nah, bagai mana kalau dalam room zoom ada tiga orang atau lebih tentu akan memerlukan teknik khusus. Benar kan?

Untuk membuat seperti yang dimaksud ada beberapa cara yang misalnya saja mengabungkan beberapa aplikasi perangkat lunak konferensi video seperti zoom dengan StreamYard yang nantinya dihubungkan ke  OBS Studio untuk ditampilkan di program live.

Namun dengan cara tersebut sangat tidak simple? Kanapa, karena berbeda perangkat. Lalu, bagai mana membuatnya? cukup dengan satu aplikasi saja.

Dah, langsung cekidot jangan lupa siapkan kopi utowo teh plus cemilannya...hihi

Download Sandboxie

Download Sandboxie

Di langkah awal ini kalian harus mendownload dan instal di leptop/pc kalian aplikasi bernama Sandboxie. Buat kalian yang belum kenal dapat berkenalan terlebih dahulu. Sandboxie adalah salah satu software yang dapat menjalankan Program secara terpisah. 

Seperti yang kalian pahami bahwa leptop/PC hanya dapat membuka satu program saja maka dengan bantuan software ini dapat menjalankan/membuka aplikasi yang sama lebih dari satu. Bagai mana, mudah-mudah paham.   

Download Sandboxie

Cara Install Sandboxienya:

  1. Matikan/Disable AntiVirus
  2. Setelah berhasil download silahkan zib di extrak.
  3. Pilih Sandboxie sesuai dengan versi Windowsnya 32 atau 64 (bit). Kemudian, jalankan untuk instalasi Sandboxieinstall.exe (Klik kanan pilih Run As Administrator)
  4. Setelah Installation Complete Jangan di Next terlebih dahulu
  5. Buka Folder CrckSndbx pilih folder Crack (Yang disertakan dalam file download) pilih sesuai dengan versi pengistalan di point 3 (tiga) pakai 32 atau 64 (bit). Kemudian Copy File SbieDrv.sys Ke Folder Directory Installasi kalian (biasanya dipartisi/ Local Disk C - Program File/Program File (86x - Sandboxie)  lalu kalian Paste dan Replace dalam folder tersebut.
  6. Klik Next melanjutkan (di point 4) dan Installation Complete.
  7. Close aplikasi Sandboxie

Cara aktiviasi Sandboxie Full Version

Buka CrckSndbx pilih folder Keygen (Yang disertakan dalam file download) klik Keygen.exe (Klik kanan pilih Run As Administrator). Perhatikan gambar (Klik untuk memperbesar) dibawah ini :

aktiviasi Sandboxie Full Version

Cara gunakan Sandboxie 5.30 Full Version

Setelah instalasi berhasil. Selanjut bagai mana cara menggunakan atau mengoprasikan aplikasi ini? Silahkan klik Star > All Programs > Sandboxie > Pilih Sandboxie Control. Perhatikan gambar (Klik untuk memperbesar) dibawah ini :

Cara gunakan Sandboxie 5.30 Full Version

Cara Akses Zoom Meetings

Untuk akses zoom masukan Join a Meeting > Masuk ID Meeting > Klik Join. Atau Silahkan Baca Cara Membuat Schedule Meeting di Zoom.

Sedangkan bagai mana cara tampilkan zoom ke OBS Studio silahkan Baca Toturial lengkap Live Facebook dari Zoom dengan OBS Studio.

Akhir Kata

Demikianlah cara tampilkan dua video dari zoom ke OBS Studio dengan menggunakan sandboxie. Berdasarkan pengalaman sangat rekomendasi menggunakan Prosesor Core i5 keatas dengan min RAM 4 Gb.  Karena pernah dicoba pada leptop asus dengan RAM 4 Gb Core i3 dibagaian CPU nampak sudah 100% dan hasilnya lag/terputus.

Tapi tidak ada salah jika dicoba-coba terlebih dahulu (lain lubuk lain ikannya). Semoga artikel ini, bisa bermanfaat jika ada pertanyaan atau ingin memberikan tambah juga kritik dan saran silahkan tulis dikolom komentar. 

Salam Hangat

CARA TERBARU

Ternyata ada cara lain yang lebih mudah. Dalam cara menampilkan dua video dari zoom ke OBS Studio. Langsung saja ya! Oya jangan lupa buat subribe jika kalian merasa videonya bermafaat dan jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan jangan sukan untuk menuliskan dikolom kementar. Terima Kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara menampilkan dua video dari Zoom ke OBS Studio"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel