Yuks Tholabul Ilmi

Yuks Tholabul Ilmi

Oleh: Putri Wahyuni (Aktivis Dakwah Remaja Lubuklinggau)

Sobat, yang insyaAllah dirahmati oleh Allah, Aamiin. Tau gak sich, kalian bahwasanya kehidupan di dunia ini hanyalah persinggahan semata!!! Ha, persinggahan semata? 

Iya, kita tidak akan selamanya berada didunia ini. Malah sebenarnya, kita tinggal di alam dunia hanya sebentar saja, bagaikan sekejap mata.

Jadi sobat apa yang kalian cari di dunia ini??? Banyak kok. Kita bisa mengejar cita-cita, bekerja, mencari uang dan mendapatkan kesenangan lainnya. Iya, sobat itu juga perlu. Tapi kita diwajibkan juga sebagai hamba Allah untuk menuntut ilmu untuk akhirat kita juga.

Surat al Ankabut ayat 64, disebutkan pula firman Allah yang artinya :
“Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui.”

Nah tuh kan sobat fillah kita juga di juga harus mengetahui dan mempelajari ilmu pengetahuan untuk akhirat kita juga, jadi sebuah jalan yang dapat membimbing kita ke arah kebahagian hidup di dunia dan diakhirat.

MasyaAllah kalau gini kn enak jdi seimbang. Dan insyaAllah mendapatkan keberhasilan dan kebagiahan dunia maupun diakhirat.

Oh iya ilmu pengetahuan itu yang seperti apa sih? Ilmu pengetahuan adalah sebuah cahaya yang akan menyinari kehidupan manusia sehingga mereka tidak akan kehilangan arah.

Manusia tidak akan menjadi kabur pada saat mereka harus membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Dengan ilmu pengetahuan ini pula manusia akan mengerti tugas- tugas mereka sebagai makhluk Allah yang diciptakan hanya untuk menyembahnya semata.

Sabda Rasulullah Saw :
مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَ الأَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ 

“Barang siapa menginginkan kebahagian dunia, maka tuntutlah ilmu dan barang siapa yang ingin kebahagian akhirat, tuntulah ilmu dan barangsiapa yang menginginkan keduanya, tuntutlah ilmu pengetahuan."

Tapi, dimana kita bisa menuntut ilmunya??
Pepatah mengatakan tuntutlah ilmu hingga ke negeri Cina. Apa maksud arti tersebut? Ya, kita harus menuntut ilmu setinggi-tingginya dimana pun dan kapan pun berada. Karena ilmu tak akan pernah terlepas dari kehidupan.

Misalnya ya sobat, kita mau menuntut ilmu untuk akhirat kita. Kita bisa mengikut kajian- kajian islami dimanapun itu untuk mengecas iman kita agar lebih bertaqwa kepada Allah.

Atas dasar ini juga loh sobat fillah Allah mengangkat posisi dan derajat manusia yang mempunyai ilmu pengetahuan kedalam posisi dan derajat yang tinggi didunia ini sekaligus di akhirat kelak. Aamiin Ya Robbal Alamin.

 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Yuks Tholabul Ilmi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel